Blogroll


Blog News

About Us

Newsletter

Social Share Icons

Featured

Featured

Saturday, August 4, 2018

Training Cisco | Hari ke-enam BLC TELKOM Klaten

Assalamu’alaikum Wr.Wb

A.PENDAHULUAN




Hari sabtu 4 Agustus 2018 merupakan hari ke-enam saya mengikuti training cisco dan kali ini saya akan sharing apa saja materi yang telah disampaikan oleh trainer.

B. LATAR BELAKANG

Merupakan exam atau tes Final Exam dari cisco .

C. MAKSUD DAN TUJUAN

a.Maksud
- Ingin sharing tentang Final exam cisco .

b.tujuan
- Agar pembaca dan orang lain tahu dan mengerti tentang Final Exam Cisco .

D. HASIL YANG DIHARAPKAN

Mampu memahami dan bisa mengerjakan exam Final Cisco dengan benar dan lancar .

E. ALAT DAN BAHAN

- laptop
- internet

F. WAKTU PELAKSANAAN

Mulai dari jam 08:00 sampai dengan jam 16:00

G. PEMBAHASAN

Dalam training kali ini, sebelum ke final exam trainer memberikan pembahasan sedikit tentang Subnetting dan CIDR. Subnetting adalah membagi sebuah jaringan menjadi beberapa bagian network . Sedangkan CIDR atau kepanjangan dari Classless Inter-Domain Routing adalah sebuah cara alternatif untuk mengklasifikasikan alamat - alamat IP berbeda dengan sistem klasifikasi ke dalam kelas A, kelas B, kelas C, kelas D, dan kelas E atau bisa disebut sebagai supernetting. CIDR merupakan mekanisme routing yang lebih efisien dibandingkan dengan cara yang asli, yakni dengan membagi alamat IP jaringan ke dalam kelas-kelas A, B, dan C.

CIDR digunakan untuk mempermudah penulisan notasi subnet mask agar lebih ringkas dibandingkan penulisan notasi subnet mask yang sesungguhnya. Untuk penggunaannya notasi alamat CIDR pada classfull address pada kelas A adalah /8 sampai dengan /15 , kelas B adalah /16 sampai dengan /23, kelas C adalah /24 sampai dengan /28. Subnet mask CIDR /31 dan /32 tidak pernah ada dalam jaringan yang nyata.

Dan setelah membahas materi tersebut, tiba saatnya untuk ujian exam untuk Final Exam. Namun untuk ujian Final Exam kali ini apabila kita tidak lulus dengan nilai minimal 80 %, maka kita tidak bisa mengulangnya untuk yang kedua kalinya.

I. KESIMPULAN

Jadi kesimpulannya adalah subnetting yaitu memecah jaringan menjadi beberapa jaringan yang lebih kecil. Sedangkan CIDR adalah sebuah cara alternatif untuk mengklasifikasikan alamat - alamat IP yang berbeda kedalam kelas A, B, C, D, dan E.

J. REFERENSI

Trainer Cisco :
- Mas Fatchurohman
- Mas Budiman

Sekian tentang Training kali ini semoga bermanfaat untuk kalian semua. Terima Kasih

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

No comments:

Post a Comment

By Yayan Priana.. Blogger