Blogroll


Blog News

About Us

Newsletter

Social Share Icons

Featured

Featured

Tuesday, July 3, 2018

pengertian IP Address dan jenis-jenisnya


assalamu’alaikum wr.wb

A. PENDAHULUAN

pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang pengertian IP, fungsi IP, dan juga jenis – jenis IP itu apa saja.nah langsung saja berikut penjelasannya .

1. pengertian




IP ( Internet Protokol ) adalah suatu pengalamatan yang terdapat pada setiap perangkat yang terhubung kedalam jaringan .Dan IP Address memiliki dua bagian utama yaitu network id dan host id,bagi yang belum mengerti apa itu network id dan host id bisa cek diblog saya pada pembahasan sebelumnya .

2. latar belakang

dapat memahami dan mengerti tentang IP Address dan jenis – jenisnya .

3. maksud dan tujuan

agar pembaca dapat mendalami tentang IP Address dan mengetahui fundamental jaringan.

B. PEMBAHASAN


Berdasarkan cakupan penggunaannya dalam jaringan komputer sehari – hari dalam jaringan lokal maupun jaringan internet public, maka secara garis besarnya IP Address dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

1. IP Address Public
IP Address Publik adalah IP Address yang dimiliki oleh setiap komputer atau perangkat yang terhubung lainnya dan digunakan pada jaringan internet (public). Kepemilikannya diatur oleh vendor-vendor terkait yang menyediakannya (contoh : Internet Service Provider).

2. IP Address Private
IP Address private adalah IP Address yang digunakan olehkomputer atau perangkat yang terhubung lainnya dan umumnya digunakan oleh jaringan berskala lokal (LAN). IP Address ini memungkinkan penggunaan alamat yang sama dengan syarat satu dan jaringan lainnya tidak saling terhubung dalam jaringan lokal.

range IP private dan IP public
Kemudian, jika dilihat dari bagaimana pengguna melakukan konfigurasi untuk memperoleh IP Address atau bagaimana IP Address diberikan kepada komputer atau sebuah perangkat, maka IP Address disini dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu

1. IP Address Dinamis ( Dynamic IP Address)
IP Address jenis ini adalah pemberian secara otomatis dalam jaringan public maupun private yang akan diberikan kepada komputer atau perangkat lainnya yang saling terhubung kedalam jaringan komputer secara otomatis dan akan selalu berubah – ubah setiap saat (Dinamis). Untuk pemberiannya sendiri diberikan oleh sebuah perangkat, aplikasi, sekaligus protocol di dalam jaringan komputer yang bernama DHCP (Dynamic Host Konfiguration Protocol) dan yang bertindak mengaktifkan DHCP adalah komputer / perangkat yang dijadikan sebagai DHCP Server.

2. IP Address Statis ( Static IP Address )
IP Address jenis ini adalah pemberian IP Address kepada komputer atau perangkat lainnya yang terhubung kedalam jaringan komputer secara manual. Dimana pengguna harus mengetahui pengkelasan IP Address, Subnet, Gateway, dan DNS dalam sebuah jaringan.

Selanjutnya ,jika dilihat dari daya tampung komputer atau perangkat lainnya yang terhubung kedalam jaringan komputer, sebuah IP Address dibagi kembali menjadi 2 jenis yaitu :

1. IPv4 ( IP Address Versi 4 )
IP Address versi 4 atau yang lebih dikenal dengan IPv4 adalah versi yang umum dipakai pada saat ini, terdiri atas 4 oktet, dimana setiap oktet mampu menangani sebanyak 255 buah komputer atau perangkat didalamnya. Sehingga bila dikalkulasikan 255 x 255 x 255 x 255 = 4.228.250.625 buah host .

Angka besar ini untuk teknologi yang maju seperti sekarang sudahlah tidak relevan untuk menampung pengalamatan semua komputer dan perangkat yang saling terhubung. Untuk mengatasi keterbatasan ini salah satu caranya adalah menggunakan NAT ( Network Address Translation ) yaitu sebuah cara untuk membagi,mengubah,dan memodifikasi pemetaan dari sebuah IP Address.

2. IPv6 ( IP Address Versi 6 )
IPv6 atau IP Address versi 6 adalah pengalamatan versi terbaru dalam jaringan komputer, yang diciptakan untuk menangani masalah keterbatasan daya tampung dari versi sebelumnya, yaitu IPv6. Jika dibandingkan dengan IPv6 yang hanya memiliki 4 oktet dan masing – masing oktet dapat menampung sebanyak 255 host, maka IPv6 memiliki 16 oktet yang masing – masing oktetnya dapat menampung sebanyak 255 buah host. Maka jika dikalkulasikan secara keseluruhan, IPv6 dapat menampung sekitar 3,4 Triliun host.

Fungsi IP :

1. IP Address digunakan sebagai alat identifikasi host atau antarmuka pada jaringan.
Fungsi ini diilustrasikan seperti nama orang sebagai metode untuk mengenali siapa orang tersebut. Dalam jaringan komputerpun berlaku hal yang sama yaitu alamat IP Address tersebut akan digunaakan untuk mengenali sebuah komputer atau device pada jaringan.

2. IP Address digunakan sebagai alamat lokasi jaringan.
Fungsi ini diilustrasikan seperti alamat rumah kita yang menunjukkan lokasi kita berbeda. Untuk memudahkan pengiriman pakeat data, maka IP Address memuat informasi keberadaannya. Ada rute yang harus dilalui agar data dapat sampai ke komputer yang dituju.

C.HASIL YANG DIDAPAT

mengerti dan paham tentang IP Address dan jenis – jenisnya .

D. KESIMPULAN

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa IP Address adalah sebuah alamat dari sebuah jaringan komputer dan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu IP Address Public dan IP Address Private.

E. REFERENSI


sekian penjelasan dari saya tentang IP Address,semoga bermanfaat.mohon maaf bila ada kesalahan kata maupun data. Terima kasih

wassalamu’alaikum wr.wb

No comments:

Post a Comment

By Yayan Priana.. Blogger