Blogroll


Blog News

About Us

Newsletter

Social Share Icons

Featured

Featured

Saturday, July 28, 2018

Pengertian dan Implementasi SOP dalam setiap pekerjaan

Assalamu’alaikum Wr.Wb

A. PENDAHULUAN

Pada pertemuan yang berbahagia ini, saya akan ngepost tentang Standart Operasional Prosedure ( SOP ) dan apasaja yang perlu diperhatikan agar dalam bekerja kita mencegah adanya kecelakaan baik untuk diri sendiri ataupun orang lain. Berikut ini pembahasannya mengenai apa itu SOP ? .

B. PENGERTIAN

Standart Operasional Prosedure ( SOP ) adalah serangkaian instruksi kerja yang dibakukan ( terdokumentasi ) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan dan oleh siapa dilakukan .
Menurut tjipto Atmoko, Standart Operasional Prosedure merupaka suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan .

C. LATAR BELAKANG

Minimnya manajemen SOP menjadi salah satu masalah yang sering terjadinya kecelakaan dalam bekerja. Untuk itu, perlu adanya pemahaman tentang manajemen SOP bagi setiap pekerja .

D. MAKSUD DAN TUJUAN

- maksud
mengupayakan dan merealisasikan bagi setiap pekerja bahwa pentingnya menerapkan manajemen SOP dalam bekerja .
- tujuan
A. Agar petugas atau pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerjanya
B. Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi


E. ALAT DAN BAHAN

- laptop atau PC
- modul SOP

F. HASIL YANG DIHARAPKAN

Setiap pekerja mengerti dan mampu menerapkan sistem manajemen SOP dalam pekerjaan sehari-hari .

G. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN

Kurang lebih 1 sampai 1,5 jam

H. PEMBAHASAN

Standart Operasional Prosedure ( SOP ) adalah serangkaian instruksi kerja tertulis yang dibakukan ( terdokumentasi ) mengenai penyelenggaraan administrasi dalam perusahaan  .

Manfaat dari SOP diantaranya yaitu :

1. Sebagai standarisasi cara yang dilakukan  pegawai dalam menyelesaikan tugasnya.
2. Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam bekerja.
3. Meningkatkan akuntabilitas pelaksanaan tugas
4. Dan lain-lain.

Keuntungan adanya Standard Operasional Prosedure ( SOP ) antara lain :

1. SOP yang baik akan menjadi pedoman bagi pelaksana.
2. Para pegawai akan lebih memiliki percaya diri dalam bekerja.
3. SOP juga bisa dipergunakan sebagai salah satu alat training dan bisa digunakan untuk mengukur kinerja pegawai.

 Teknik menyusun SOP adalah sebagai berikut :
1. Menentukan tujuan yang ingin dicapai.
2. Membuat rancangan awal.
3. Melakukan evaluasi internal.
4. Melakukan evaluasi eksternal.
5. Melakukan uji coba.
6. Menempatkan prosedure pada unit terkait.
7. Menjalankan prosedure yang sudah dibuat.


I. KESIMPULAN

Jadi kesimpulannya adalah SOP berperan penting dalam suatu pekerjaan yang dilakukan oleh orang dalam sehari-hari. Dan untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan dalam bekerja maka hendaklah menerapkan SOP tersebut bagi setiap pegawai atau pekerja.

J. REFERENSI

eBook Repo SOP BLC TELKOM Klaten

Sekian penjelasan singkat tentang Standard Opersional Prosedure ( SOP ) semoga bermanfaat. Dan mohon maaf bila ada kesalahan. Terima Kasih


Wassalamu’alaikum Wr.Wb

No comments:

Post a Comment

By Yayan Priana.. Blogger